footerwidget3

Asri Yuniar: Guru TK sang Vocalis Hardcore Band

Wanita yang bernama lengkap Asri Yuniar ini bisa dikategorikan mempunyai 2 sisi kepribadian yang sangat ekstrem. Di satu sisi, dia adalah vokalis band dengan aliran musik keras. Sisi yang lain, dia adalah guru TK yang sehari - hari berkerudung. Achi, adalah vokalis grup band Gugat yang beraliran underground.

Facebook: http://www.facebook.com/people/Asri-Yuniar/1518655939
Twitter: http://twitter.com/#!/achiegugat

Aksi panggung Achi bisa dilihat di YouTube. Salah satu karya Gugat adalah lagu yang bertajuk Kelam. Sampai saat ini, lagu tersebut sudah diunduh lebih dari belasan ribu kali. Fanspage di Facebook mereka juga sudah mencapai 10 ribu lebih penggemar.

Achi menyukai lagu - lagu cadas sejak masih di bangku SMA. Capability adalah grup band pertama Achi yang semua personelnya perempuan. Lagu - lagu yang sering dibawakan pada saat itu adalah lagu - lagu karya Nirvana yang beraliran grunge.

Band tersebut tak bertahan lama. Achi kemudian membentuk band lagi bernama Dining Out. Boyband yang pada saat itu menjamur, tidak mempengaruhi Achi sedikitpun. Dining Out bertahan hingga 2003. Pada 2004 dia lantas membentuk Gugat yang bertahan hingga sekarang. Kecintaannya pada musik cadas terjadi saat Achi remaja sering menyaksikan band-band hardcore beraksi di GOR Saparua, Bandung.

Diakuinya, lingkungan musik yang kelam tersebut sempat membuat perilaku Achi ikut menyimpang. Saat SMA dia menjadi pemakai ganja, mabuk-mabukan dan tentu saja rokok. Tapi sejak dirinya memutuskan untuk berjilbab, semua hal itu perlahan dijauhi. Tapi sesekali dia masih merokok.

Dan akhirnya dia memutuskan benar-benar berhenti merokok setelah bertemu Hari Gartika yang kini menjadi suaminya. Suami Achi ini dulunya juga pernah terjerumus ke hal - hal negatif seperti ganja, alkohol dan lain - lain. Tapi itu masa lalu, bahkan dia sekarang sama sekali tidak merokok. Berbeda dengan istrinya yang menyukai musik hardcore, musik paling keras yang dia sukai adalah Smashing Pumpkins.

Sebagai suami, Hari tak keberatan atas status Achi sebagai vokalis grup hardcore. Dia bahkan mendukung penuh sang istri. Dia juga mengaku tak risi karena sang istri memakai jilbab ketika beraksi di panggung. Sebagai bentuk dukungan, Hari sering mengajak sang anak, Runa Arieta Dzakirah, menyaksikan Gugat beraksi.

Jangan pernah meremehkan peran Achi di grup band Gugat, karena selain sebagai vokalis, dia juga pencipta lirik. Lagu berjudul Kelam dan Kamuflase adalah hasil karyanya. Dalam menulis lagu, Achi lebih memilih fenomena sosial, tapi sesekali kehidupan pribadi dan orang-orang terdekatnya dia tuangkan dalam lirik yang dia buat. Lagu berjudul Kelam dibuat oleh Achi saat ibunya meninggal. Bapakku Seorang Demonstran adalah lagu yang terinspirasi dari sang ayah yang menjadi korban PHK PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Selain berstatus vokalis band hardcore, Achi menjadi guru di TK Kuncup Harapan Bandung. Itu adalah TK warisan sang ibu. Achi menjalankan tugas itu sejak tahun 2006. Awalnya, dia sempat bekerja di sebuah bank swasta sebagai tenaga marketing. Tetapi hanya bertahan 3 bulan karena dia merasa tidak nyaman berpakaian kemeja atau celana kain. Dia merasa bukan menjadi dirinya. Setelah sempat menganggur, dia akhirnya ditawari mengajar di TK tersebut. Itu juga merupakan tanggung jawab moralnya kepada sang ibu. Meski sebenarnya, dia bisa saja mencari pekerjaan lain. Apalagi kita semua tahu, bekerja di TK sama sekali tidak memberikan keuntungan material. Bagaimana tidak, saat pertama bekerja, dia hanya digaji Rp. 150 ribu per bulan. Saat ini atau setelah hampir enam tahun bekerja, gajinya juga hanya Rp300 ribu. Jumlah tersebut tentu di bawah nominal yang dia dapat ketika manggung dengan Gugat. Siksaan yang sangat berat saat mengajar dan menjadi karyawan bank adalah saat dia mengenakan baju pink. Hal itu dikarenakan Achi adalah penggemar berat warna hitam, yang juga menjadi ciri khas grup - grup band yang beraliran hardcore. Tetapi, kehidupan di TK yang menampung 40 murid tersebut memang memberikan ketenteraman batin bagi Achi. Sekaligus menghilangkan kepenatan rutinitas sebagai vokalis band.
Share on Google Plus

About EQ Valent

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar